Ukir Prestasi di Ajang Nasional, Kades Letbaun Apresiasi Dukungan Bunda Julie

Cantika (kiri) bersama Intan (kanan) (Foto: Haluan NTT)

KUPANG, HN – Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat terus memberikan ruang bagi putra-putri NTT mengembangkan bakat yang dimiliki, untuk bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Berkat dukungan wanita yang akrab disapa Bunda Julie ini, dua remaja asal Provinsi NTT berhasil menjuarai ajang nasional, yang diselenggarakan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu 27 Agustus 2022.

Mereka adalah Intan Devita Buifena, remaja asal Pulau Semau, Desa Letbaun, yang berhasil keluar sebagai Winner Miss Interglobal Indonesia 2022, dan Cantika Megawati Wila Mare, sebagai Miss Teen Star Tourism Indonesia 2022.

Dukungan dan perjuangan Bunda Julie Sutrisno Laiskodat, mendapat apresiasi dari Kepala Desa Letbaun, Kecamatan Semau, Carlens Bising.

Menurut Carlens, sejak Provinsi NTT dibawa kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat, putra-putri NTT sering mengukir prestasi di ajang nasional maupun internasional.

“Anak-anak kita, ketika membawa nama NTT ke ajang yang lebih tinggi, itu hampir semuanya selalu juara. Saya selalu mengamati, dan ternyata dibelakang mereka itu ada sosok Julie Laiskodat yang selalu memberikan dukungan,” jelas Carlens, Kamis 1 September 2022.

BACA JUGA:  Keluarga Antusias Sambut Miss Interglobal Indonesia di Bandara El Tari Kupang

Intan dan Cantika foto bersama keluarga (Foto: Haluan NTT)

Bunda Julie, kata Carlens, selalu memberikan dukungan luar biasa, serta membackup semua kekurangan yang dialami para peserta ketika mengikuti sebuah ajang, baik pada tingkat nasional maupun internasional.

“Semua memang diurus oleh ibu gubernur, mulai tiket, hingga penginapan mereka disana. Ini sangat luar biasa,” ungkap mantan jurnalis Timex ini.

Ia menjelaskan, Dekranasda dibawa kepemimpinan Bunda Julie, kini membawa anak-anak Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin percaya diri untuk bersaing di ajang-ajang bergengsi.

“Dekranasda dan Bunda Julie dengan relnya mereka sudah membawa anak NTT semakin percaya diri untuk tampil di ajang nasional dan internasional, dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain,” tandasnya.

Ketua Yayasan Murua Gemilang, Yohanes Fransiskus Keso Losor, S.Pd, menjelaskan, pihaknya segera mempersiapkan Intan dan Cantika untuk mengikuti ajang internasional di Korea Selatan dan Nigeria nanti.

“Saya dan tim sudah punya trik sendiri untuk mengajar Intan maupun Cantika dalam menghadapi lomba ke ajang internasional nanti,” jelasnya.

BACA JUGA:  Gandeng Dekranasda NTT, Koboi Kupang Gelar Pameran 1.000 Bonsai

Karena, kata dia, dalam lomba nanti, yang akan dinilai bukan saja dari aspek kecantikan. Tetapi juga advokasi yang jelas, dan tujuan sebagai remaja mengikuti ajang internasional.

“Itu yang akan dinilai juga. Kemarin saya baru komunikasi dengan pihak nasional, dan ternyata mereka melihat juga dari aspek advokasi,” ungkapnya.

Sehingga, sebagai ketua yayasan, Yohanes akan fokus menggembleng advokasi dari Intan dan Cantika, sebelum mengikuti ajang internasional nanti.

“Jadi kita akan lebih gembleng ke advokasinya. Kita sudah siapkan. Mereka mau advokasi di bidang pendidikan, pariwisata, atau labrak para remaja untuk lebih aktiv dengan talenta yang dimiliki,” terangnya.

Selain itu, hard skill dan soft skill Intan dan Cantika harus dibentuk, terutama bahasa inggris. “Agar sampai di ajang internasional nanti, bisa berkomunikasi dengan baik,” pungkasnya.

Winner Miss Interglobal Indonesia 2022, Intan Devita Buifena, mengaku bangga dan senang, karena bisa menjuarai salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan di Kota Semarang.

BACA JUGA:  Bunda Julie Ingin Tos Kenegaraan Tingkat Provinsi NTT Pakai Tuak Manis

“Perasaannya  tentu sangat bangga dengan prestasi yang saya dapatkan. Karena melewati begitu banyak proses. Dan hasil ini sangat luar biasa,” ungkap Intan.

Intan (kanan) bersama Cantika (kiri) (Foto: Haluan NTT)

Untuk menghadapi ajang internasional nanti, Intan lebih fokus melatih mental dan bahasa inggris, sehingga bisa berkomunikasi dengan baik ketika mengikuti ajang internasional nanti.

Senada, Miss Teen Star Tourism Indonesia 2022, Cantika Megawati Wila Mare, mengaku bangga bisa mewakili Provinsi NTT ke ajang nasional, dengan segala proses yang ia lalui, hingga mendapat hasil yang memuaskan.

“Saya senang karena setiap proses dan apa yang sudah dilakukan itu terbayar dengan hasil yang memusakan,” jelasnya.

Menurut Cantika, Keberhasilan yang ia raih tentu tidak lepas dari dukungan dan suport dari orang tua, keluarga, dan Dekranasda NTT.

“Jadi saya sangat terima kasih, karena dukungan mereka semua, Cantika bisa meraih Miss Teen Tourism Indonesia 2022,” pungkasnya.***

error: Content is protected !!