Yuven Tukung Siap Perjuangkan Aspirasi Atlet Cabor Taekwondo Kota Kupang

Yuven Tukung bersama para atlet cabor Taekwondo (Foto: HN)

KUPANG, HN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Yuvensius Tukung menggelar reses di kantor DPW NasDem NTT, Sabtu 3 September 2022.

Politisi Partai NasDem ini melakukan reses, guna menjaring aspirasi masyarakat, untuk disampaikan kepada pemerintah melalui rapat paripurna.

Menariknya, kali ini Yuven Tukung hadir ditengah puluhan anak remaja, yang merupakan atlet Cabang Olahraga (Cabor) Taekwondo Kota Kupang, NTT.

Sejumlah aspirasi dan kebutuhan para atlet disampaikan langsung kepada Yuven Tukung, yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah untuk ditindaklanjuti.

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang ini menjelaskan, para atlet merupakan warga Kota Kupang, yang secara terorganisir tergabung dalam kelompok cabang olahraga bela diri Taekwondo.

“Mereka warga Kota Kupang, jadi berhak berinteraksi dengan saya sebagai wakil mereka, dan saya siap meneruskan apa yang menjadi perjuangan mereka,” ujar Yuven Tukung.

BACA JUGA:  DPW PAN NTT Optimis Kembalikan Kejayaan Partai pada Pemilu 2024

Menurutnya, berbicara tentang pembangunan sangat luas dan kompleks. Tidak saja pada sektor ekonomi, infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

“Tetapi olahraga juga merupakan bagian dari pembangunan itu sendiri. Karena olahraga ini salah satu dunia yang sangat menjanjikan,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, sangat penting menyerap aspirasi mereka, untuk diketahui bersama, terkait kebutuan, terutama pada bidang olahraga yang membina anak, seperti cabor Taekwondo ini.

“Jadi sangat penting kita serap aspirasi mereka. Artinya, para atlet ini bisa mengharumkan nama NTT dan Kota Kupang secara khusus melalui cabor seperti ini,” ungkapnya.

Melalui cabang olahraga yang digeluti, banyak aspek yang bisa didapatkan anak-anak, seperti terhindar dari tawuran, mabuk-mabukan, seks bebas, judi dan narkoba.

“Kalau mereka sering ikut kegiatan seperti ini, bisa menghindarkan mereka dari ruang-ruang megativ. Karena itu saya apresiapsi dan mendukung penuh untuk mereka bisa berprestasi di bidang olahraga,” tandasnya.

BACA JUGA:  PSU Sabu Raijua, Pengamat: TRP-Hegi Lebih Berpeluang Menang

Minta Pemerintah Perhatikan Para Atlet

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) yang direncanakan akan digelar tahun 2028 mendatang.

Anggota DPRD Kota Kupang, Yuvensius Tukung, meminta pemerintah untuk memperhatikan para atlet dari berbagai cabang olahraga yang ada di Kota Kupang.

“Saya harap pemerintah harus memberikan perhatian serius kepada semua cabang olahraga yang ada di Kota Kupang. Bukan saja Taekwondo,” jelasnya.

Menurut Yuven, para atlet justru sudah menghitung jauh hari, untuk bagaimana merespon dan menyambut momentum PON 2028 yang rencananya akan digelar di NTT.

“Menurut saya ini sangat luar biasa. Mereka justru lebih cepat mempersiapkan diri ketimbang kami yang ada di pemerintahan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Mengenang Anggur Merah dalam Sebotol Wine

Selaku wakil rakyat, Yuven Tukung siap menyuarakan dan berkoordinasi, sejauh mana persiapan Pemerintah Kota Kupang dalam menyambut PON nanti.

“Jadi persiapan itu tdak hanya soal fisik. Tetapi ada sarana prasarana yang wajib dipenuhi. Juga mempersiapkan anak yang mau ikut berkompetisi,” terangnya.

“Dan ternyata mereka memerlukan fasilitas dan sarana prasarana untuk menunjang proses latihan, supaya mereka lebih semangat untuk latihan dalam mengembangkan diri mereka,” jelasnya menambahkan.

Ia menambahkan, kapasitas pelatih juga perlu ditingkatkan dengan memberikan pelatihan, jika ingin mengikuti kompetisi secara kompetitif.

“Harus dilatih dan ditunjang dengan tenaga pelatih yang profesional. Ini yang pemerintah harus suport,” ungkap Yuven Tukung.

“Dan saya yakin bisa, karena Penjabat Wali Kota Kupang sekarang ini lahir dan tumbuh juga dalam cabor, sekalipun bukan Taewkondo tetapi Kempo,” pungkasnya.***

error: Content is protected !!