Agama  

Kabar Duka, Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Paus Emeritus Benediktus XVI (Foto: Ist)

KUPANG, HN – Paus Emeritus Benediktus XVI dikabarkan meninggal dunia di Vatikan, Italia pada Sabtu 31 Desember 2022.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskidat mengatakan, dunia sangat kehilangan seorang tokoh inspiratif abad ke-21, juga sebagai pemimpin Umat Katolik sedunia.

Paus Emeritus Benediktus XVI, kata Gubernur Laiskidat, merupakan seorang teolog besar, karena banyak pemikirannya telah menginspirasi dunia dan peradaban dunia.

BACA JUGA:  VBL Belum Dipastikan Maju Calon Gubernur NTT Tahun 2024

Mewakili masyarakat NTT, Gubernur Viktor Liskodat menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Puas asal Jerman itu.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur, saya bersama Wakil Gubernur menyampaikan Turut Berduka Cita atas wafatnya Paus Emeritus Benediktus XVI,” ungkapnya.

“Kiranya semangat pelayanan dan pemikiran-pemikiran  beliau tetap menjadi inspirasi bagi gereja Katolik khususnya dan dunia pada umumnya,” tambah Gubernur Laiskdat.

BACA JUGA:  Uskup Atambua Larang Upacara Adat Hel Keta Bagi Masyarakat Belu, TTU dan Atambua

Untuk diketahui, Paus Benediktus XVI menjadi Paus ke-265 dalam sejarah Gereja  Katolik dalam usia 78 tahun pada  April 2005. Pada tahun 2013.

Ia mengundurkan diri sebagai Pemimpin Gereja Katolik sedunia karena alasan kesehatan dan umur, sebelum digantikan Paus Fransiskus, Pemimpin Umat Katolik sejagad saat ini.

BACA JUGA:  Pengurus KADIN NTT Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Sebelum diangkat menjadi Paus, Benediktus XVI yang bernama asli Joseph Alois  Ratzinger, adalah Kepala Dewan Kepausan  Doktrin  Iman Katolik atau Praefec Conggregatio pro Doctrina Fidei atau   Perfect for  Doctrine Of Faith pada masa Paus Yohanes Paulus II sejak tahun 1981. Paus Benediktus XVI meninggal dalam usia 95 tahun.***

error: Content is protected !!