Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

Ilustrasi/Foto: Ist

KUPANG, HN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia, Rabu 4 Januari 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, mengatakan, dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memperkirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BACA JUGA:  Terpilih Aklamasi, Fransisco Bessi Resmi Dilantik Jadi Ketua PSMTI Kota Kupang

Menurutnya, sejumlah wilayah yang berpotensi adalah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan.

Sementara pola angin, kata Eko, di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot.

BACA JUGA:  Tapal Batas PLBN Motaain, Objek Wisata Baru yang Patut Dibanggakan

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-batat laut dengan kecepatan angin mencapai 8-35 knot.

Ia menambahkan, kecepatan angin tertinggi, terpantau di laut Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, Samudra Hindia selatan Kupang, Laut Sawu, perairan Kupang-P. Rote, P. Sabu, Laut Timor dan Laut Arafuru bagian barat.***