Beda Sikap dengan Ganjar, Gibran Fokus Siapkan Venue dan Jamin Keamanan Tamu

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Fajar.Co)

KUPANG, HN – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka ogah ikut – ikutan menolak keikutsertaan tim nasional (timnas) Israel dalam gelaran Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada bulan Mei hingga Juni 2023 mendatang.

Menurut Gibran, sebagai kepala daerah dan tuan rumah, tugasnya hanya memastikan venue dan persiapan Piala Dunia U-20 berjalan lancar, meskipun ada statement dari sejumlah gubernur yang menolak timnas Israel ke Indonesia.

“Tugas saya sebagai tuan rumah menyiapkan venue, dah itu saja. Kami pastikan acara berjalan lancar dan aman di Kota Solo,” ujar Gibran dilansir dari Kumparan, Jumat 24 Maret 2023.

BACA JUGA:  Ganjar Tolak Timnas Israel, Netizen: 2024 Dukung Prabowo

Ditanya terkait penolakan Gubernur Jateng dan Gubernur Bali terkait timnas Israel ke Indonesia merupakan bagian sikap dari PDIP, Gibran mengaku tidak mendapat arahan atau instruksi dari PDIP.

“Tugas saya menyiapkan venue dan kami pastikan acara berjalan lancar, wis itu saja,” kata dia.

Ia pun akan menunggu keputusan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Plt Menpora Muhadjir Effendy. Sejauh ini, kata dia, PSSI menghadiri agenda Kongres FIFA di Rwanda dengan tujuan menindaklanjuti event-event olahraga setelah Piala Dunia U-20 2023.

BACA JUGA:  Ganjar Pranowo Disanksi PDIP

“Yang jelas penyelenggaraan Piala Dunia U-20 menjadi tolak ukur event berikutnya. kalau U-20 berhasil, Indonesia bisa dapat event yang lebih besar lagi,” kata dia.

Ia menambahkan terkait venue Piala Dunia U-20 Stadion Manahan Solo dari FIFA akan melakukan pengecekan terakhir pada Sabtu (25/3). Pengecekan juga menyasar empat lapangan latihan.

“Semua lapangan yang digunakan Piala Dunia U-20,akan ditinjau. FIFA ke sini (Solo) dulu, sore ke Surabaya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Disebut Jodohkan Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024, Ini Respon Presiden Jokowi

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung kesuksesan Piala Dunia U-20 tanpa keikutsertaan Timnas Israel.

Menurutnya, panitia bisa mengupayakan langkah terobosan agar piala dunia tetap berjalan dengan baik meski Israel tidak main di Indonesia.

Ganjar menegaskan, sikap penolakannya tersebut merupakan sikap seorang kader PDIP dan sesuai prinsip dan amanat Presiden ke-1 RI Ir Sukarno untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.***

error: Content is protected !!