Ramai Penolakan Timnas Israel, FIFA Ancam Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

KUPANG, HN – Indonesia selaku negara tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 kini terancam sanksi dari induk federasi sepakbola dunia, yakni FIFA.

Indonesia terancam disanksi FIFA buntut dari ramainya penolakan keikutsertaan tim nasional Israel dalam gelaran pentas sepak bola internasional itu.

Pengamat sepak bola dan Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali memperhitungkan Indonesia akan kena sanksi atau banned dari FIFA, jika membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023.

Dia menjelaskan, sudah muncul rumor tentang batalnya kegiatan official drawing yang dijadwalkan di Bali, 31 Maret 2023 atau pekan depan.

BACA JUGA:  Tapal Batas PLBN Motaain, Objek Wisata Baru yang Patut Dibanggakan

Menurut Akmal, batalnya official drawing bisa jadi alasan FIFA untuk memberikan sanksi besar bagi negara Indonesia, atau sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Saya dengar rumor, bahwa acara official drawing Piala Dunia U20 di tanggal 31 Maret batal. Meski santer, tapi saya masih cari info terus, dan jika info itu benar, maka Indonesia pasti kena sanksi di-ban oleh FIFA,” kata Akmal dilansir Indopos.

BACA JUGA:  ETMC 2022: Babak Pertama, PSK Kupang vs Perse Ende Berakhir Imbang

Maka itu, ia meminta kepada para suporter sepakbola Indonesia untuk bersama-sama mengawal agar Piala Dunia U20 tetap bergulir.

Akmal menjelaskan, kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah yang sudah diminta sendiri oleh pemerintah, lalu dapat restu FIFA, dan sudah pula dipersiapkan sayang jika harus batal gelaran pentas sepak bola internasional itu.

“Dalam sepak bola, suporter adalah nyawa dari permainan sepak bola. Beberapa waktu ke belakang, banyak pro dan kontra yang muncul di masyarakat terkait perhelatan U-20 di Indonesia, berkaitan dengan keikutsertaan timnas Israel,” ucap Akmal.

BACA JUGA:  Bus Damri Rute Kupang-Dili Segera Beroperasi

“Satu hal yang harus kita ingat, tugas kita sebagai suporter adalah mengawal Piala U-20 2023 sampai tuntas, sesuai judul diskusi kita sore ini, Piala Dunia U-20 harga mati,” tambahnya. Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.***

error: Content is protected !!