Polemik Israel, Jokowi: Jangan Campur Urusan Olahraga dengan Politik

Presiden Joko Widodo (Foto: Instagram @jokowi)

KUPANG, HN – Polemik penolakan keikutsertaan tim nasional (timnas) Israel dalam pergelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia masih alot diperdebatkan.

Bahkan, stetmen Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, Wayan Koster mendapat sorotan, hingga menuai komentar pro dan kontra di tengah masyarakat.

BACA JUGA:  Persabata Lembata Ditahan Imbang Bintang Timur Atambua

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan tegas menjamin, bahwa keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 tidak ada kaitan dengan konsistensi dan posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

“Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” ujar Presiden Joko Widodo, dilansir dari Chanel YouTube sekretariat presiden, Selasa 28 Maret 2023 malam.

BACA JUGA:  Sambut HUT NTT Ke-63, Dispora Gelar Turnamen Kejuaraan Tinju Antar Sasana

Menurutnya, dalam urusan Piala Dunia U-20, negara Indonesia sepakat dengan Duta Besar Palestina, bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya.

“Jadi jangan mencapuradukan urusan olahraga dengan urusan politik,” tegas Presiden Jokowi.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Saksikan Semifinal Piala AFF Indonesia vs Vietnam di Stadion GBK

Dia menjelaskan, saat ini Indonesia telah mengutus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA membahas masalah yang dimaksud.

“Saya telah mengutus ketua umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA, demi mencari solusi dan penyelesaian terbaik,” tandasnya.***

error: Content is protected !!