PKN Gelar Donor Darah di Arena Car Free Day, Hasilkan 45 Kantong Darah

KUPANG, HN – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) bersama kader dan simpatisan menggelar aksi sosial donor darah di arena Car Free Day (CFD), Sabtu 15 April 2023 pagi.

Kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di Jalan El Tari, tepat di depan Hotel Cendana Kupang ini berhasil mengumpulkan 45 Kantong darah.

Ketua Pimpinan Cabang PKN Provinsi NTT, Chris Matutina mengatakan, sebagai partai baru, PKN ingin memperkenalkan diri dengan ikut meramaikan arena Car Free Day (CFD) melalui gelar donor darah.

“Satu kantong darah bisa menyelematkan tiga nyawa manusia, sehingga ini bentuk kegiatan sosial kami dari PKN,” jelas Chris Matutina.

Selain donor darah, lanjut Chris Matutina, juga diadakan panggung hiburan bagi pengguna CFD, dengan senam zumba bersama.

BACA JUGA:  Masyarakat Penerima Vaksin COVID Kota Kupang Tertinggi di NTT

“Memang parpol yang menyelenggarakan, tapi kegiatan ini sifatnya benar-benar sosial, kita memberikan bantuan kepada masyarakat, tanpa ada kampanye-kampanye politik,” tandasnya.

Kegiata ini diselenggarakan oleh PKN Cabang Kota Kupang, aku Chris Matutina, karena merasa terpanggil untuk membantu masyarakat, khususnya pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

“Banyak persoalan di rumah sakit, khususnya terkait kebutuhan akan darah, maka sebagai kader, simpatisan partai merasa terpanggil untuk menyumbangkan darahnya,” papar Chris Matutina.

Menurut Chris Matutina, yang sudah mendaftar lebih dari 100 Orang, sehingga jumlah ini melebihi target yang ditetapkan.

“Target kita hanya 100 kantong darah, tapi yang mendaftar sudah lebih. Diharapkan semua bisa lolos dalam pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Jika kegiatan ini berhasil, tambah Chris Matutina, maka akan dilaksanakan kembali pada bulan Agustus 2023 mendatang.

BACA JUGA:  PKN Kota Kupang Bakal Gelar Aksi Donor Darah di Acara Car Free Day

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Donor Darah PKN, Epi Johannis bahwa tujuan kegiatan ini sebagai bentuk gotong royong, sesuai dengan azas PKN.

“Jadi kita mau bersama-sama gotong royong, karena ada info dari PMI bahwa stok disana kosong, jadi kta merasa bertanggung jawab, untuk membantu keluarga yang membutuhkan, yang berada di rumah sakit,” kata Epi Johannis.

Disamping itu, jelas Epi Johanis, filosofi PKN menyebutkan bahwa untuk menjadi pemimpin di Kota Kupang, minimal bisa menyumbangkan sesuatu, sehingga donor darah ini sebagai bentuk sumbangan pertama.

“Dengan melibatkan beberapa instansi, ini menjadi motivasi bagi para kader dan simpatisan untuk menyumbangkan darahnya,” pungkas Epi Johannis.

BACA JUGA:  TP PKK NTT Gelar Vaksinasi Goes To School di SMK Negeri 5 Kota Kupang

Salah satu pendonor, Alan Modjo mengatakan, kegiatan-kegiatan kemanusian seperti donor darah yang dilakukan oleh PKN harus sering dilakukan. Dengan demikian kekurangan kebutuhan darah yang selama ini dikeluhkan bisa teratasi.

“Ini kegiatan positif sekali dan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Sebagai partai baru yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat khususnya di Kota Kupang maka apa yang dilakukan oleh PKN saat ini adalah Langkah positif,” kata Alan Modjo yang juga menjadi Bakal Caleg PKN dari Dapil Kelapa Lima ini.

Dari kegiatan donor darah tersebut terkumpul 45 kantong darah yang terdiri dari golangan darah A sebanyak 14 kantong, golongan darah B sebanyak 13 kantong, golongan darah O sebanyak 13 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 5 kantong darah.***

error: Content is protected !!