Hukrim  

Bobol Rumah dan Curi Barang Berharga, Pria di Kupang Diciduk Polisi

KUPANG, HN – Sebuah rumah di Jalan Putun, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dibobol maling, Senin 17 April 2023.

Pelaku yang teridentifikasi berinisial JGRE alias James (31) melakukan aksi pencurian dengan cara menjebol kunci jendela rumah milik korban.

Setelah berhasil masuk kedalam rumah, pelaku kemudian melancarkan aksinya dengan menggasak barang elektronik dan sejumlah perhiasan emas milik korban.

Usai melakukan aksi pencurian, pelaku JGRE langsung diamankan Sub Unit II Jatanras Satuan Reskrim Polresta Kupang Kota, yang dipimpin oleh Aipda Maxi S. Saudale.

BACA JUGA:  Wagub Nae Soi Wajibkan Semua Hotel Sediakan Kopi Asli NTT

JGRE diamankan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP / B / 321 / IV / 2023 SPK Resta Kupang Kota tertanggal 17 April 2023, yang dilaporkan oleh Naomi Bandelina Djobo.

Menerima laporan korban, polisi langsung bergerak cepat menuju TKP, lalu menggali informasi dan keterangan korban dari sejumlah saksi.

Dari hasil pengembangan yang dilakukan, polisi langsung menuju rumah James, yang adalah pelaku dari kasus pencurian tersebut.

Pelaku diamankan di kediamannya di Jalan Gereja Maria, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, sekira pukul 21:30 Wita.

BACA JUGA:  Mantan Wakapolda NTT Siapkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali Emas PON Papua

Saat ditangkap, polisi mengamankan sebuah laptop Acer warna hitam, sepeda motor Beat Street abu-abu dengan nomor polisi DH 3213 KR, serta satu kotak perhiasan warna merah bermotif adat.

Sedangkan anting emas tiga pasang serta mainan rantai emas milik korban belum disita, karena terduga pelaku sudah menjualnya ke calo emas.

Ketiga diinterogasi, awalnya pelaku mengelak, jika tidak mengetahui soal pencurian tersebut. Namun setelah 4 jam interogasi, pelaku kemudian mengakui perbuatannya.

James melakukan pencurian dengan modus memantau rumah yang menjadi sasaran selama 2-3 hari, setelah memastikan rumah yang menjadi target kosong, barulah dia pura-pura mengetuk pintu rumah.

BACA JUGA:  Jadwal Kapal Pelni KM AWU di Wilayah NTT Selama Januari 2023

Apabila tuan rumah tidak merespon, James langsung melakukan aksi pencurian dengan cara mencongkel jendela rumah kemudian menggasak barang berharga berupa emas dan laptop.

Saat ini James telah diamankan di Mapolresta Kupang Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut, termasuk pencarian terhadap anting-anting dan mainan rantai emas yang sudah dijual ke calo emas.

Untuk diketahui, James merupakan Residivis kasus pencurian pada tahun 2018 dengan vonis hukuman selama 9 bulan penjara dengan Kasus pencurian dengan pemberatan.***

error: Content is protected !!