Tarian Lamaholot Hantar El Asamau Daftarkan Diri Sebagai Balon DPD RI di KPU NTT

KUPANG, HN – Elyas Yohanis Asamau, akrab disapa EL Asamau, maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon DPD RI periode 2024-2029.

Politisi muda asal Alor itu resmi mendaftar diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT, Minggu (14/05/2023).

Terpantau, El Asamau mengenakan busana adat Helangdohi kecamatan Pantar Kabupaten Alor diiringi bunyi gong, gendang dan tarian adat Lamaholot.

EL Asamau tidak sendirian, Ia didampingi beberapa pendukungnya yang datang dari berbagai kalangan. Baik tua maupun muda.

Saat tiba kantor KPU, EL Asamau disambut oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi NTT Thomas Dohu, Yosafat Koli, Jeffry A. Galla, Fransiskus V. Diaz dan Lodowyk Fredrik, Sekretaris KPU Provinsi NTT Adiwijaya Bakti dan Kepala Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, Hubungan Masyarakat, Hukum dan SDM Agustinus Y. Ola Paon, serta anggota Bawaslu Provinsi NTT.

Setelah menerima dan memeriksa, KPU NTT menyatakan dokumen pendaftaran bakal calon Anggota DPD RI Maria El Asamau dinyatakan lengkap.

Selanjutnya diserahkan Berita Acara dan tanda terima sebagai bukti penerimaan pengajuan oleh KPU Provinsi NTT.

Kepada wartawan usai mendaftar, EL Asamau mengungkapkan alasan maju sebagai bakal calon DPD RI dari dapil NTT.

Ia mengatakan, sebagai putra NTT Ia terpanggil untuk mengabdi dan berbuat lebih banyak untuk kampung halamannya, NTT.

“Tentu saja pilihan untuk mengabdi dari segi atau segi sisi manapun. Ketika saya mendaftar menjadi calon atau bakal calon pada saat itu, saya berpikir bahwa saya tidak akan ke mana-mana. Saya akan kembali mau mengabdi, tentu saja untuk masyarakat Nusa Tenggara Timur,” katanya.

BACA JUGA:  Partai Demokrat Tolak Wacana Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Dengan latar belakang seorang ASN, EL Asamau mempunyai bertekad untuk berjuang meningkatkan taraf hidup masyarakat NTT melalui jalur politik.

“Memang latar belakang saya pekerjaan, sebelumnya adalah seorang ASN, saya alumni dari institut pemerintahan dari dalam negeri,” katanya.

El Asamau yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi syarat dokumen pencalonan dan kini menjalani tahapan pendaftaran calon, dalam kesempatan itu memohon doa dan dukungan dari segenap masyarakat NTT agar bisa mendapat mandat dan behasil menduduki kursi DPD RI untuk periode 2024-2029.

“Saya mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat bapak, mama, kakak, adik dan basodara semua yang berada di pelosok Nusa Tenggara Timur agar bisa berhasil dalam kontestasi ini,” pintanya penuh harap.

Alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang mengusung visi “Untuk Pendidikan NTT yang Lebih Baik” itu mengajak masyarakat NTT untuk bersatu hati dan mendukung dirinya meskipun masih ada beberapa tahap yang harus dilewati.

“Kita masih akan melewati beberapa tahapan setelah pendaftaran hari ini, yaitu penarikan nomor urut, penetapan calon tetap oleh KPU dan masa kampanye. Karena itu, saya mohon dukung doa agar semuanya bisa dituntaskan dengan baik,” pinta El Asamau.

BACA JUGA:  SAH! PDIP Usung Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden 2024

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa dari seluruh relawan yang secara spontanitas mendukung dalam tahapan awal pengumpulan dokumen syarat administrasi seperti KTP dan lainnya yang meskipun berat tetapi bisa diselesaikan dengan baik dan lolos.

“Terima kasih kepada para sahabat yang dengan sukarela memberikan dukungan moril dan materil temasuk mengumpulkan copy KTP dari seluruh NTT sehingga saya juga bisa memenuhi syarat dan bisa melangkah sejauh ini sampai tahapan ini,” jelasnya.

Menurut El Asamau ini bukan pekerjaan mudah tetapi karena nilai pengorbanan dan kesukarelawanan yang tinggi dari para senior, orang tua dan sahabat.

“Kiranya budi baik bapak, mama dan semua kita yang sudah memberi dengan cara masing-masing mendapat rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” tandasnya.

Karena, lanjut El Asamau, jumlah KTP sebanyak 2000 lebih dengan penyebaran proporsional di beberapa kabupaten adalah suatu pekerjaan yang berat tetapi sudah dikerjakan dengan baik berkat kerja sama semua yang mengambil bagian.

El Asamau dihantar oleh 100 lebih massa pendukung dari kediaman Mekson Beri di Kelurahan Fatululi Oebobo menuju Kantor KPU Provinsi NTT melintasi jalan Bakti Karang, WJ Lalentik, El Tari hingga tiba di jalan Polisi Militer pukul 15.00.

Massa pendukung yang mengantar El Asamau adalah keluarga besar Alor-Pantar, Ikantan Keluarga Lamaholot (Lembata, Flores Timur dan Alor), keluarga Sabu, Sikka dan Sumba di Kota Kupang.

BACA JUGA:  Daftarkan Bacaleg ke KPU NTT, Esthon Foenay Gelorakan Pesan Damai

Saat tiba di Kantor KPU Provinsi NTT, El Asamau bersama rombongan disambut Ketua KPU, Thomas Dohu bersama komisioner lainnya.

Dalam kata sambutannya, Thomas Dohu menyampaikan terima kasih atas kerja sama tim dan saudara El Asamau sehingga bisa melewati semua tahapan pencalonan dan tiba saatnya mendaftar di hari terakhir dan orang terakhir yang mendaftar.

“Kami membuka diri untuk menerima sudara El Asamau mendaftar hari ini sebagai orang terakhir yang mendaftar sebagai Bakal Calon DPD RI,” tutur Dohu.

Mekson Beri mewakili orang tua Alor di Kupang menyampaikan terima kasih kepada ortua, keluarga yang hadir memberikan dukungan dalam menghantar El Asamau mendaftar ke KPU.

“Dengan semangat tite nanu baya (kita bersama/bersatu), dalam masyarakat budaya Lamaholot mari kita bersatu hati menghantar adik El Asamau ke KPU untuk didaftarkan sebagai Calon Anggota DPD RI,” tegas Mekson Beri.

Mewakili Ikatan Keluarga Lamaholot di Kupang, Marthinus Tokan menyampaikan ini sebuah panggilan leluhur lewotanah untuk mendukung anak/adik El Asamau dalam pencalonan DPD RI.

“Saya rasa ini panggilan leluhur lewotanah mendukumg anak El Asamau,” kata Tokan.

Dia juga menekankan bahwa El Asamau sebagai orang terakhir yang mendaftar. Orang yang terakhir akan menjadi yang awal.

“Orang terakhir akan menjadi yang pertama,” kata Tokan berfilosofi. ***

error: Content is protected !!