Siap Arungi Pemilu 2024, Ini Harapan Andyos Manu

Bakal calon anggota DPRD NTT, Andyos Manu (Foto: Facebook @Andyosmanu)

KUPANG, HN – Andyos Manu, politisi muda yang siap mengarungi Pemilu 2024 sebagai salah satu bakal calon anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Pileg 2024 mendatang.

Andyos bakal bertarung dari Partai Kebangkitan Nasional (PKN), untuk merebut satu kursi dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 7, meliputi Kabupaten Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka.

Menurut Andyos, partisipasi kaum muda diharapkan bukan hanya sebatas penggembira atau pelengkap dalam setiap momentum politik elektoral.

Namun keterlibatan kaum muda dalam politik kebijakan harus menjadi ikhtiar strategis untuk memastikan terakomodirnya setiap agenda kepemudaan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:  Pospera NTT Usung Meianto Lily Maju Calon DPR RI, Yerim Yos Fallo Maju Cabub TTS 2024

“Sebaliknya, absenya kaum muda justru hanya akan menjadi kelemahan utama pembangunan Indonesia di masa depan,” ujar Andyos Manu, Rabu 17 Mei 2023.

Dia menegaskan, optimisme akan partisipasi kaum muda ini harus terus digaungkan, sehingga posisi kaum muda semakin strategis dalam politik.

“Jika optimisme ini menjadi keyakinan kita bersama, maka saya percaya, tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mempraksiskan semangat zaman ini ke dalam lapangan politik kita,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Daftar ke KPU NTT, 4 Bacaleg Partai Buruh Gugur

Andyos yang sebelumnya adalah Pemimpin Redaksi Media Online Beranda Nusantara ini mengakui bahwa memang tidak mudah bagi kaum mudah untuk bertarung di rimba politik.

“Tentu saja, memperjuangkan agenda kepemudaan melalui kerja-kerja politik bukanlah perkara yang mudah, terlebih jika direspon sebagai ancaman oleh elit politik tua,” jelasnya.

“Yang perlu kita lakukan segera adalah mengonsolidasi kekuatan anak muda yang tercecer menjadi kekuatan kolektif yang utuh, agar iman politik kita menjadi tebal dalam meyakini apa yang dikatakan Pablo Neruda: You can cut all the flowers, but you can’t keep spring from coming,” sambungnya.

BACA JUGA:  AHY Ajak Mahasiswa Cegah Politik Identitas

Andyos berharap, masyarakat Indonesia, khususnya NTT, memberi ruang yang cukup bagi kaum muda untuk terlibat aktif dalam politik praktis, sehingga gerak perubahan bangsa ini bisa lebih progresif.

“Kaum muda kerap disematkan predikat sebagai agen perubahan. Atas dasar itu, jika kaum muda diberi ruang yang lebih besar untuk ikut mengambil bagian dalam setiap proses pengambilan kebijakan, maka saya yakin perubahan akan lebih cepat terjadi di negeri ini,” tandasnya. (NL/HN).***

error: Content is protected !!