Perayaan 1 Abad SDK Belang Disemaraki Launching Jagung Titi Ina Florata

KUPANG, HN – Perayaan 1 Abad atau 100 tahun Sekolah Dasar Katolik (SDK) Belang, Desa Watokobu, Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, disemarakkan dengan launching kuliner khas NTT, Jagung Titi Ina Florata oleh Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero, S.Sos, Selasa (1/8/2023) kemarin.

Jagung Titi Ina Florata merupakan hasil  produk UMKM Lokal Flobamorata yang diinisiasi ibu-ibu warga Belang, Desa Watokobu, Kecamatan Nubatukan.

Jagung Titi Ina Florata menjadi makanan lokal pertama di Lembata yang dikemas dengan apik dan secara cepat merambah pasar lokal.

Meskipun belum seminggu, Jagung Titi Ina Florata sudah dipajang sebagai ole-ole khas NTT di beberapa hotel dan restoran kecil, sarana transportasi penyeberangan dan kantor.

BACA JUGA:  BI Sayangkan Bocornya “Surat Rahasia” Bank NTT

Selain itu, Jagung Titi Ina Florata akan masuk Pusat Kuliner Nusantara Sinarmas Land bersama Kaesang dan Raffi Ahmad di BSD City Tangerang Selatan.

“Saya bangga ada ibu-ibu dari Belang berinisiatif memperkenalkan Jagung Titi ke masyarakat luas. Dan ini luar biasa karena diolah, dikemas dalam kemasan menarik. Kita semua harus bangga dan dukung UMKM Flobamorata dengan produk lokal Jagung Titi Ina Florata,” ungkap Petrus Gero.

Secara terpisah, Ketua DPRD dari Partai Golkar ini mengatakan, mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat diharapkan terus menggeliat, dan tentunya akan menggerakkan konsumsi masyarakat. Kinerja ekonomi lokal harus tetap kuat dan berdaya saing. Salah satu sektor yang paling berperan penting dalam menjaga ketahanan ekonomi adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA:  Wisata Kuliner Palapa, Cara Pemkot Kupang Dukung Pertumbuhan UMKM

“UMKM ini penting sekali untuk mendorong pertumbuhan dan membangkitkan Kembali ekonomi kita. Dan apa yang dilakukan Ibu-ibu Belang, Desa Watokobu ini sebuah terobosan bagaimana menggerahkan ekonomi dengan produk lokal yang bisa mengakses pasar local dan nasional,” kata Petrus Gero.

Sementara Penggerak UMKM Flobamorata, Henty Lerek mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas produk lokal Jagung Titi Ina Florata yang dibuatnya. Bahwa selain memperkenalkan Jagung Titi sebagai makanan khas NTT ke masyarakat luas, tetapi juga membantu ibu-ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

BACA JUGA:  OJK Menyambut Baik Festival PAD dan Desa Binaan Bank NTT

“Terima kasih untuk Ketua DPRD Lembata Bapak Petrus Gero yang sudah meresmikan Jagung Titi Ina Florata dan UMKM Flobamorata. Saya sangat bersyukur melalui usaha kecil ini, bisa membantu orang lain. Selain merangkul ibu-ibu untuk berusaha tetapi lebih dari itu bisa membantu ibu-ibu yang titi jagung. Semoga Jagung Titi Ina Florata membawa berkat buat kita semua,”  ungkap Henty.***

error: Content is protected !!