Wakili NTT di Ajang Bali International Choir Festival, Siswa Tunas Gloria Kupang Sabet 4 Medali Emas

KUPANG, HN – Siswa Sekolah Dasar (SD) dan SMP Tunas Gloria Kupang yang mewakili Provinsi NTT di ajang Bali International Choir Festival (BICF) 2023 berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

Ajang BICF yang berlangsung enam hari, sejak tanggal 24 hingga 29 Juli 2023 di Puspem Badung ini siswa Tunas Gloria Kupang berhasil menyabet 4 medali emas pada 2 kategori lomba.

Kepala Sekolah Tunas Gloria Kupang dan Conducted Paduan Suara, Jecky Aldryn Aryanto Teuf, S.Pd mengatakan, kategori lomba yang diikuti siswa Tunas Gloria Kupang adalah children dan folksong.

“Kategori children itu khusus anak-anak dan kategori folksong itu semua usia untuk lagu daerah,” ujar Jecky Aldryn melalui pesan WhatsApp, Kamis 3 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Juara Dunia Lomba Matematika, Ternyata Nono Selesaikan 150 Ribu Soal

Menurutnya, 38 siswa Tunas Gloria Kupang yang mengikuti ajang BICF di Bali adalah Siswa kelas IV SD dan kelas IX SMP yang sudah melakukan persiapan selama 6 bulan, sebelum berangkat ke Bali.

“Mereka berlatih setiap pagi sebelum pelajaran dan siang hari setelah mengikuti pelajaran di sekolah. Kadang libur pun mereka gunakan waktu untuk latihan,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, para siswa juga sering mengisi acara di liturgi atau pujian di sejumlah gereja yang ada di Kota Kupang maupun di Kabupaten Kupang.

BACA JUGA:  Polisi Gagalkan Pengiriman 23 Calon PMI Ilegal ke Kalimantan Tengah

Berkat usaha dan kerja keras, tanggal 26 para siswa mengikuti lomba untuk babak kompetisi, dan tanggal 27 mereka lolos 2 kategori ke babak championship.

“Puji Tuhan tanggal 28 pengumuman lomba, dan hasilnya adalah babak kompetisi untuk kategori children siswa Tunas Gloria raih juara 2,” jelansya.

“Sedangkan kategori folksong mereka meraih juara 3 dan mendapat penghargaan 2 medali emas. Sementara untuk babak championship, Tunas Gloria masuk kategori, dan mendapat medali emas, sehingga totalnya 4 medali emas,” tambahnya.

Dia menambahkan, pada acara penutupan diwakilkan oleh 2 orang siswa paduan suara Tunas Gloria Kupang dengan menggunakan pakaian adat daerah NTT.

BACA JUGA:  Ganjar Milenial Sumba Timur Sukses Gelar Turnamen Futsal Bersama Anak Muda

“Jadi tanggal 29 acara penutupan itu diwakilkan oleh 2 anak paduan suara dengan berpakaian daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, peserta dan tim Tunas Gloria Kupang bersama guru dan orang tua siswa berangkat dari Kota Kupang menuju Bali pada tanggal 24 Juli 2023.

Tiba di Bali, tim dan peserta Tunas Gloria Kupang langsung menuju tempat acara yang berlokasi di Puspem Badung untuk mengadakan tes panggung.

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, tim Tunas Gloria Kupang mengikuti ibadah Minggu di GPdI Tabanan, dan dilanjutkan dengan tour di beberapa tempat wisata, sebelum pulang ke Kupang pada 1 Agustus 2023.***

error: Content is protected !!