Gubernur Viktor Laiskodat Buka Acara Puncak HUT NFA di Kota Kupang

KUPANG, HN – Gubernur Provinsi NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat membuka acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Badan Pangan Nasional di Kupang, NTT, Sabtu 12 Agustus 2023.

Kepala Badan Pangan National Food Agency (NFA), Arief Prasetyo mengatakan, pihaknya memilih NTT sebagai tempat perayaan HUT Badan Pangan Nasional karena Provinsi NTT memiliki potensi yang luar biasa.

“NTT ini memiliki banyak sekali potensi yang luar biasa, namun perlu didorong lagi untuk dicanangkan sebuah perubahan,” ujar Arief kepada sejumlah awak media di Kupang.

Menurutnya, salah satu potensi yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah pada sektor perikanan, yang memiliki protein sangat tinggi.

BACA JUGA:  George Hadjoh Launching Sentra UMKM Marimampir Jemaat Moria Liliba

“Jadi protein – protein itu ada di NTT, karena disini ada ikan, udang, lobster dan biota laut jenis lainnya,” ungkapnya.

Selain di sektor perikanan, Arief juga mengucapkan terima kasih, karena sudah beberapa kali perayaan Idul Adha, sapinya selalu di datangkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Beberapa tahun terakhir perayaan Idul Adha, sapinya itu datang dari Nusa Tenggara Timur. Jadi jadi nanti kedepan kita akan minta indukan sapi yang bagus,” terangnya.

Sedangkan pada sektor pertanian, Arief mengaku pihaknya terbantu dengan keberadaan kapal Tol Laut sehingga jagung dari NTT bisa didistribusikan ke Pulau Jawa.

BACA JUGA:  Aksi Damai Forum Wartawan NTT Tolak Kriminalisasi Pers

“Kami terbantu dengan keberadaan Tol Laut dari Kementerian Perhubungan. Tetapi Tol Laut ini jangan hanya dari barat ke timur saja. Karena kami juga butuh jagung dari NTT ke Jawa,” tandanya.

Gubernur Provinsi NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat berharap agar Indonesia selalu menjadi negara pengimpor daging, sehingga saat ini NTT sudah mulai menyiapkan rans – rans sapi yang besar.

“Tentu kita mendorong agar Indonesia kedepan diharapkan tetap mengimpor daging, agar kedepan kita memakan daging kita sendiri melalui produksi kita di dalam negeri,” jelasnya.

BACA JUGA:  Christofel Adoe Resmi Jabat Posisi Direktur Kepatuhan Bank NTT

Karena, kata dia, daging terbaik yang dikonsumsi masyarakat Indonesia saat ini didatangkan atau di inpor dari luar Indonesia.

“Hal itu menunjukan bahwa kita sebenarnya belum mampu. Sehingga kalau bisa nanti kolaborasi dengan Timor Leste, karena mereka salah satu negara penghasil daging terbaik,” ungkapnya.

Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Arief Prasetyo Adi yang sudah hadir langsung di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Terima kasih pak Arief yang sudah hadir di NTT. Semoga kolaborasi ini dapat dilanjutkan ke depan,” pungaknya.***

error: Content is protected !!