MukaRakat Guncang Panggung Festival Golo Curu, Hadirkan Pesan Budaya Lewat Musik Hip-Hop

RUTENG, HN – Grup hip-hop yang sedang naik daun, MukaRakat, memukau penonton di Festival Golo Curu yang berlangsung di Gereja Katedral Baru Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Rabu 4 Oktober 2023.

Konser MukaRakat berhasil mengguncang panggung Festival Golo Curu, serta menghipnotis masyarakat dari berbagai usia, termasuk anak-anak.

MukaRakat tampil membawakan sejumlah lagu hits mereka yang sudah dirilis dan tengah viral di kalangan masyarakat umum, khususnya pencinta aliran genre musik Hip-hop.

MukaRakat, yang biasanya tampil di cafe dan bar, terbentuk pada tahun 2017 dan telah merilis tujuh belas lagu non-album.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Tepati Janji, Jalan Menuju Kampung Uskup Ruteng Diaspal

Grup ini bukan sekadar musik, tetapi juga sebuah gerakan yang membawa pesan perjuangan dan kekayaan budaya dari Indonesia Timur.

Lipooz, personil MukaRakat menjelaskan asal usul nama MukaRakat, dimana ia terinspirasi dari sebutan khas bagi perantau Indonesia Timur terutama NTT yang sering disebut “rakat”.

“Rakat atau masyarakat adalah sebutan khas bagi perantau asal Indonesia Timur khususnya NTT. Sering kali kalau ketemu sesama dari timur akan bilang wah ini ‘masyarakat’ kita. Atau disingkat jadi rakat,” ujar Lipooz.

BACA JUGA:  WhatsApp Down, Berikut Jenis Ponsel yang Diblokir Permanen

Menurut Lipooz, meski sebutan “rakat” sedikit berbau ejekan, MukaRakat bangga mengambil nama itu sebagai simbol perlawanan.

“Tentu saja tidak hanya nama. Judul lagu dan syair juga berisi pesan – pesan perjuangan dan budaya dari Indonesia Timur,” jelas Lipooz.

MukaRakat, kata dia, sudah merilis sejumlah lagu dan klip yang memperjuangkan itu, termasuk lagu “Rompes” yang sudah ditonton lebih dari 1,6 juta kali di YouTube.

“Lagu “Rompes” atau Rombongan Pesta ini dianggap sebagai ikon grup sejak dirilis pada 4 April 2018 lalu,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Telkom Indonesia Buka 22 Loker, Intip Besaran Gaji dan Persyaratan Disni

Lagu “Rompes” menghadirkan pesan tentang bagaimana minuman keras seharusnya menjadi alat untuk mempererat kebersamaan dalam pesta, dan bukan menciptakan kekacauan.

Ini adalah bagian dari visi MukaRakat untuk membersihkan citra buruk dan stigma yang melekat pada orang Indonesia Timur, yang mereka angkat dalam karya hip-hop mereka.

Lagu lain yang sudah diluncurkan MukaRakat adalah Bukanlah Nama Part II, Masih Sa Pu Muka, Ellyas Pical, Rompes, Kuda Hitam, Binasa, Mari Jua Naik, Trauma dan Lempa Golo.***

error: Content is protected !!