Bangkitkan Kreativitas Melalui Seni Anyam Daun Lontar, Warga Alor Apresiasi Srikandi Ganjar NTT

ALOR, HN – Kehadiran sukarelawan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Srikandi Ganjar Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Pulau Pura pada Sabtu (14/10/2023) mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari warga setempat.

Srikandi Ganjar NTT mengadakan pelatihan seni anyaman dari daun lontar dengan tujuan untuk memajukan kreativitas dan keterampilan warga.

Apresiasi datang dari seorang warga bernama Nedi, yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat bagus supaya barang-barang ini bisa lebih dikenal oleh orang-orang luar,” ujar Nedi.

BACA JUGA:  Disebut Jodohkan Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024, Ini Respon Presiden Jokowi

Nedi berbagi pengetahuan dan langsung mengajarkan seni menganyam daun lontar kepada para peserta, termasuk ibu-ibu dan generasi milenial yang hadir.

Proses pembelajaran mencakup tahapan pengambilan daun lontar, membersihkannya, memilah sesuai ukuran, dan pembuatan berbagai barang seperti nyiru, kipas tangan, bakul, tempat sirih, dan tempat makanan.

BACA JUGA:  FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20, Ganjar dan Koster “Dirujak” Netizen

“Tadi yang disampaikan itu mulai dari pengambilan daun lontarnya, kemudian dibersihkan, dipilah sesuai ukuran terus dibuat nyiru, kipas, bakul, tempat sirih dan tempat makanan,” jelas Nedi.

Potensi daun lontar yang melimpah di Pulau Pura memiliki potensi besar untuk diubah menjadi berbagai kerajinan tangan, seperti topi, tas, dompet, bakul, kipas tangan, hiasan, dan nyiru.

BACA JUGA:  Puluhan Anak Antusias Ikut Sunat Massal Gratis dari Santri Dukung Ganjar NTT

Nedi menjelaskan, hasil kerajinan warga ini dapat memberikan nilai tambah pada sektor ekonomi masyarakat.

Sehingga ia mendukung kehadiran Srikandi Ganjar NTT yang mendorong warga untuk meningkatkan kreativitas dalam seni anyaman daun lontar.

“Barang-barang ini akan diperjualbelikan untuk menyambung kehidupan dan juga bisa digunakan oleh masyarakat di sini sehari-hari,” tutur Nedi.***

error: Content is protected !!