Prabowo-Gibran Kenakan Syal Bermotif Sumba Saat Daftar ke KPU

Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) (Foto: Ist)

KUPANG, HN – Pasangan bakal calon presiden Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu 25 Oktober 2023.

Tiba di Kantor KPU, Prabowo dan Gibran langsung disambut dan dikalungi syal yang terbuat dari kain tenun khas Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Syal itu diberikan khusus oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyambut seluruh pasangan calon (paslon) yang mendaftar.

Komisioner KPU, Idham Holik menyebut syal yang diberikan kepada setiap capres dan cawapres dimaksudkan untuk menyambut tamu.

BACA JUGA:  Daftar ke KPU NTT, 4 Bacaleg Partai Buruh Gugur

Menurutnya, bukan hanya Prabowo dan Gibran, dua paslon lainnya, diantaranya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, juga menerima syal yang sama.

“Saya pikir ini menjadi tradisi masyarakat Indonesia, tamu harus dihormati. Apalagi yang datang ini bukan tamu pada umumnya. Ini tamu sangat istimewa,” ujar Idham Holik dilansir CNN.

“Kenapa dikatakan sangat istimewa? Tidak semua warga negara bisa seperti yang terkategori dalam undang-undang atau memenuhi persyaratan perundang-undangan untuk dicalonkan. Jadi tamu ini sangat istimewa,” tambahnya.

BACA JUGA:  Tugas Ayodhia Jelang Tahun Politik: Fasilitasi Pemilukada dan Jaga Netralitas ASN

Selain motif ayam, kata Idham, pemilihan warna dalam syal tersebut juga disebut memiliki makna tersendiri. Dominasi warna merah marun pada syal bisa merujuk pada pola komunikasi visual yang lebih kuat.

“Itu kain tenun dari NTT. Kita kebetulan menilai kain tenun tersebut memiliki estetika dengan warna marun yang menjadi ciri khas dari warna komunikasi visual. Warna utama dalam KPU melakukan komunikasi visual,” tandasnya.***

error: Content is protected !!