Agama  

Pemuda Gereja Pelopor Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045

KUPANG, HN – Komisi  Pemuda Anak (KPA) Gereja Bethel Indonesia Bunga Bakung  Kota Kupang menggelar talkshow dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

Talkshow bertajuk “Pemuda Gereja Berdampak Menyongsong Indoensia Emas 2045 ini digelar secara luring di GBI Bunga Bakung, Jl. Sikib Haukoto, Fatukoa, Kota Kupang, Jumat 27 Oktober 2023.

Ketua Panitia Pelaksana Talkshow Yesua Koro mengatakan, peristiwa Sumpah Pemuda 1928 merupakan kristalisasi gerakan pemuda yang merupakan salah satu bentuk pergerakan kemerdekaan di Indonesia.

“Sumpah Pemuda ini menegaskan bahwa pemuda berjanji untuk cinta tanah air, cinta bangsa, dan cinta bahasa Indonesia,” ujar Yesua kepada awak media.

BACA JUGA:  Uskup Atambua Larang Upacara Adat Hel Keta Bagi Masyarakat Belu, TTU dan Atambua

Menurutnya, Sumpah Pemuda merupakan salah satu titik balik pergerakan kemerdekaan Indonesia serta  tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan.

“Walaupun peristiwa Sumpah Pemuda telah terjadi hampir 100 tahun yang lalu, namun semangat sumpah pemuda harus tetap dipertahankan dan direvitalisasi oleh pemuda-pemudi Kristen sebagai bagian dari gerakan besar pemuda Indonesia,” ungkapnya.

Pemuda Gereja merupakan bagian dari elemen Masyarakat yang ikut bertanggung jawab dalam mensukseskan cita-cita Indonesia Emas 2045. Oleh sebab itu, pemuda gereja juga harus menjadi agen transformasi bangsa.

“Pemuda gereja tidak cukup hanya berdoa, membaca Alkitab, rajin beribadah, tetapi peran pemuda harus nyata di ruang-ruang publik bangsa ini. Peran pemuda sangat penting dan dengan demikian pemuda membutuhkan pemahaman yang benar tentang siapa dirinya dan peranannya bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

BACA JUGA:  Urai Kemacetan, Pemkot Kupang Segera Bangun Jembatan Kembar Liliba

Karena itu, pihaknya menggelar kegiatan talkshow, agar pemuda mampu untuk memaksimalkan perannya dalam menghadapi Indonesia Emas 2045. Selain itu, Pemuda pun diharapkan mampu memberi peranan dalam menghadapi bonus demografi menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Melalui talkshow ini, pemuda diharapkan mampu untuk merevitalisasi perannya sebagai agen transformasi bangsa khususnya menyongsong Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Ia menambahkan, talkshow ini akan dibagi dalam dua tema besar yang akan dibedah oleh dua narasumber: pertama, Peran Pemuda Gereja dalam Menghadapi Bonus Demografi Menyongsong Indonesia Emas 2045, dan topik kedua adalah Pemuda Gereja Sebagai Transformasi Bangsa.

BACA JUGA:  Gelar Aksi 1000 Lilin, Masyarakat Minta Pelaku Pembunuhan Astri dan Lael Dihukum Mati

“Kami menghadirkan narasumber yang kompeten yakni Prof. Dr. Adrianus Amheka,ST.,M.Eng, Pdt. Yetty Fangidae, S.Th, dan Pdt. Emanuel Kase, S.Sos sebagai Moderator,” pungkasnya.

Adapun  Peserta Talkshow ini ditujukan kepada para pemuda GBI yang ada di Kota Kupang maupun organisasi kepemudaan Kristen pada umumnya.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan oleh Komisi Pemuda Anak GBI Bunga Bakung selaku Tuan rumah, Persekutuan Doa Hadasa Ministry, Persekutuan Doa Imamat Yang Rajani, dan Yayasan Generasi Transformasi Bangsa (YGTB) perlu diketahui dalam kegiatan ini dimandatkan sebagai ketua Panitia dari unsur YGTB yakni Yesua Koro dan juga sebagai sekretaris di YGTB.

error: Content is protected !!