Sinergi Cerdas Bank NTT dan UI, UMKM Binaan Merambah Pasar Nasional

KUPANG, HN – Bank NTT terus berkreasi, memperkokoh posisinya sebagai The Regional Champion, yang hadir menjembatani pertumbuhan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kali ini bank kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur ini melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indoensia (UI), Rabu 8 November 2023.

Hadir sejumlah tokoh nasional, dan juga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Kolaborasi antara Bank NTT dengan Universitas Indonesia menghadirkan produk-produk UMKM binaan Bank NTT pada Festival Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia.

BACA JUGA:  DPRD Apresiasi Penerapan Digitalisasi Bank NTT

Kegiatan yang diselenggarakan itu mengusung tema “Meraki Bentala – Bakti UI Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kasubdiv Kredit Sektor Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Desa Binaan, Reinhard R.K Djo, menegaskan, saat ini, aneka produk UMKM Bank NTT sedang dipamerkan di Kampus UI, Depok.

“Ini adalah buah kolaborasi antara Bank NTT dengan Universitas Indonesia dalam Pameran Festival Pengmas Universitas Indonesia Tahun 2023 di Kawasan Kampus Universitas Indonesia – Depok,” jelasnya.

Menurut Reinhard, ini adalah salah satu bentu kerjasam dalam pengembangan UMKM di desa dan sejauh ini desa menjadi bagian dari pengabdian masyarakat  kampus UI.

BACA JUGA:  Bank NTT Bantu Rp100 Juta untuk Pembangunan Masjid Al-Fatah

“Disini Bank NTT membawa produk yang dipamerkan dalam pameran tersebut seperti  “Kopi Tuang” dari Colol, Kabupaten Manggarai Timur, yang merupakan salah satu UMKM binaan Bank NTT dan UI serta produk UMKM binaan Bank NTT lainnya seperti aneka snack, teh kelor dan juga tak ketinggalan gula semut,” ungkap Reinhard.

Dia menjelaskan, Kabupaten Manggarai Timur khususnya di Desa Colol, saat ini sudah banyak UMKM yang bertumbuh, dan mereka difasilitasi dengan kredit Miro Merdeka Bank NTT.

“Jenis kredit ini sangat diminati karena bebas anggunan, bebas rentenir, dan tidak ada bunga pinjaman,” terangnya.

BACA JUGA:  KADIN Dukung Inovasi Digital Bank NTT, Yakin Target Modal Inti Rp3 Triliun Terpenuhi

Reinhard memberi testimoni bahwa packaging Kopi Tuang yang menarik, dan sebagian pengunjung menikmatinya, sehingga produk ini diburu oleh mereka, dan ditambahkannya, UMKM binaan Bank NTT ternyata diminati bukan hanya di NTT tetapi di luar NTT.

Untuk diketahui bahwa masih dalam kegiatan di UI, panitia mengagendakan sejumlah item kegiatan yang sangat penting, seperti diskusi berbagai topik mewujudkan Indonesia Emas 2045, yang menghadirkan banyak guru besar berbagai latar belakang di Indonesia.***

error: Content is protected !!