Jejak Program Korpri Daerah, Wujudkan Dampak Positif Bagi Masyarakat

JAKARTA, HN – Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) kembali menggamit para ASN melalui Webinar Seri ke-42 Korpri Menyapa ASN, Selasa 19 Desember 2023.

Melalui tema Korpri Daerah Berkarya, DPKN memberi kesempatan kepada penerima Korpri Award 2023 Kategori Kepengurusan Terbaik untuk memaparkan kiprah unggulan yang sudah diberikan kepada para ASN di daerah.

Wakil Ketua DP Korpri Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Mohammad Johar selaku narasumber pertama membawakan makalah berjudul “Korpri Provinsi Kaltim Berkarya”.

Menurut Muhammad Johar, peran Korpri adalah berkarya dan memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat dan anggota.

“Sesuai arahan Ketum Korpri Nasional Prof. Zudan Arif Fakrulloh, DP Korpri Provinsi Kaltim membentuk LKBH Korpri bekerja sama dengan Perhimpunan Advokat Indonesuia (Peradi) sejak 2017 sampai sekarang,” katanya kepada sekitar 1.000 partisipan melalui Zoom meeting dan 2.200 viewer Youtube Channel DPKN.

BACA JUGA:  Kabar Gembira dari Gelanggang Velodrome, Presiden Jokowi Apresiasi Keberhasilan Program Korpri

Johar menjelaskan, tugas LKBH melalui Peradi sebagai konsultan hukum adalah melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan, perlindungan hukum dan advokasi, serta pendampingan dan konsultasi hukum.

Yang fenomenal adalah mendirikan RSUD Korpri dan Rumah Sakit Mata yang siap beroperasi tahun 2024. “Ini bagian dari program kami untuk pelayanan kesehatan bagi anggota Korpri dan masyarakat secara umum,” kata Johar.

Selain itu, DP Korpri banyak membangun perumahan Korpri, antara lain Perumahan Korpri Tahap I seluas 35 hektar di Kelurahan Loa Bakung dan Tahap II seluas 17 hektar di Kelurahan Loa Bahu.

“Kami juga membangun Perumahan Korpri seluas 20 hektar di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.”

“Karena banyaknya kebutuhan, DP Korpri Kaltim masih berencana membangun 5.000 rumah bagi Anggota Korpri di atas lahan 138 hektar di Kota Samarinda,” tambah Johar.

BACA JUGA:  Prof. Zudan: KORPRI Memiliki Kegiatan yang Bisa Menaungi Tiga Level Peradaban Birokrasi

Narsum kedua Ketua DP Korpri Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya. Sekda Kota Yogyakarta ini membawakan topik berjudul “Korpri Kota Yogyakarta Berkarya”.

Aman Yuriadijaya menjelaskan, DP Korpri Kota Yogyakarta menginisiasi gerakan Korpri Reborn. “Salah satu kiprah nyatanya adalah pengabdian masyarakat melalui locuspilot project Kampung ‘Bhakti Pangemban Praja’, yakni di Kelurahan Brontokusuman, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta,” paparnya.¬†

Program ini sekaligus sebagai wadah bagi para ASN insan Korpri Pemerintah Kota Yogyakarta mengaktualisasikan nilai-nilai Panca Prasetya Korpri sehingga mampu berdampak positif dalam  kehidupan sehari-hari.

“Berbagai kegiatan yang dilakukan di kampung Bhakti Pangemban Praja diharapkan mampu menyelesaikan berbagai persoalan kampung yang dihadapi selama ini dengan mensinergikan potensi-potensi yang ada pada kampung tersebut.”

Sementara Ketua Departemen Pengelolaan Aset DPKN, Dr. Umar Aris mewakili Ketum DPKN Prof Zudan Arif Fakrulloh memberikan paparan kunci kepada peserta webinar.

BACA JUGA:  Kapolres Lembata Ingatkan Anggota Hindari Sikap Arogan

Umar menegaskan apa pun yang dilakukan oleh DP Korpri di provinsi, kabupaten/kota kian menegaskan bahwa organisasi Korpri di usia yang ke-52 semakin dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat dan bagi anggota.

Menurut Umar Aris, Korpri secara nasional telah banyak berkontribusi nyata terutama melalui 4 program Korpri. Pertama, mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi.

Kedua, menguatkan ideologi dan karakter ASN dan menjadikan ASN anggota Korpri sebagai perekat persatuan dan kesatuan.

“Ketiga, perlindungan karir dan bantuan hukum ASN. Sedangkan program keempat, meningkatkan kesejahteraan ASN.”

Dalam berbagai kesempatan, Ketum Korpri Nasional Prof. Zudan Arif Fakrulloh senantiasa berpesan, 4 program utama Korpri tersebut dirancang dalam bentuk kegiatan sesuai dengan kondisi kebutuhan ASN di masing-masing tingkatan.

“Diperlukan sinergi dan kolaborasi dalam implementasi program Korpri dengan semua komponen bangsa,” kata Prof. Zudan.***

error: Content is protected !!