Pelantikan Pengurus RT-RW Sikumana dan Pesan Penting Camat Maulafa Jelang Pemilu 2024

KUPANG, HN – Pemerintah Kota Kupang melalui Camat Maulafa, Matheus A.B.H da Costa resmi melantik badan pengurus RT-RW Kelurahan Sikumana periode 2024-2026, Jumat 2 Februari 2024.

Pelantikan ini dilakukan dengan tujuan untuk menggantikan badan pengurus sebelumnya, yang masa jabatannya telah berkahir.

Camat Maulafa, Matheus da Costa mengatakan, Sikumana menjadi kelurahan ke 8 yang sudah melakukan pelantikan badan pengurus RT-RW baru.

“Mulai bulan Januari kita sudah lakukan pelantikan di beberapa wilayah, dan Sikumana menjadi kelurahan ke 8,” ujar Matheos da Costa.

Pelantikan RT-RW merupakan tuntutan yang harus segera dilaksanakan, karena pemilihan capres-cawapres maupun legislatif akan diselenggarakan 14 Februari mendatang.

BACA JUGA:  Tim Kampanye Prabowo-Gibran Target Menang 60-80 Persen di NTT

“Ini pekerjaan berat yang harus dilakukan RT-RW, sehingga mereka harus segera dilantik, agar bisa menjalankan tugas jelang pemilu maupun pasca pemilu,” ungkapnya.

Selain itu, kata Matheos, RT juga harus terlibat aktif di posyandu, serta berperan menjaga kebersihan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

“Sehingga predikat kota kotor untuk Kota Kupang itu bisa kita hindari,” jelasnya.

Untuk meningkatkan PAD, peran serta RT-RW juga sangat dibutuhkan, yaitu menggerakkan masyarakat untuk membayar pajak, terutama pajak bumi dan bangunan.

BACA JUGA:  BMKG Sampaikan Analisis Curah Hujan dan HTH di NTT

“Sedangkan pajak rumah makan dan restoran di wilayah Kelurahan Sikumana, akan dilakukan pendataan ulang, sehingga bisa menambah PAD Kota Kupang,” tandasnya.

Lurah Sikumana, Gautrida Isabela, SH menyebut pelantikan yang dilakukan sudah sesuai prosedur, karena masa jabatan pengurus RT-RW yang lama sudah selesai.

“Sehingga harus dilakukan pemilihan ulang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat di wilayah kerja masing – masing,” ungkapnya.

Dia berharap para RT yang sudah dilantik bisa melakukan tugas pelayanan bagi masyarakat, dengan merancang setiap program kerja yang akan dijalankan di wilayahnya.

BACA JUGA:  KPK Periksa Selebgram NTT Dwina Fannia Terkait Skandal Korupsi di Kementerian Pertanian

Gautrida menyampaikan terima kasih untuk RT-RW lama yang sudah mengorbankan waktu untuk bekerja keras demi melayani masyarakat.

“Tidak mengurangi rasa hormat, kami ucapkan limpah terima kasih atas pengabdian mereka untuk masyarakat dan Kelurahan Sikumana,” punkasnya.

Ketua LPM Kelurahan Sikumana, Paulus Tulle mengatakan, RT-RW terpilih dan sudah dilantik merupakan orang yang dipercaya masyarakat untuk mengemban tugas yang mereka titipkan.

“Tugas mereka ini adalah melayani masyarakat. Sekiranya setelah pelantikan ini mereka bisa lebih semangat untuk melayani masyarakat,” jelasnya.***

error: Content is protected !!