Peringati Hari Pendidikan Nasional, Forum Pemuda Kota Kupang Gelar Turnamen Futsal

KUPANG, HN – Forum Pemuda Kota Kupang bakal menggelar Turnamen Futsal Cup 1 untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Kamis 2 Mei 2024.

Turnamen ini diinisiasi Forum Pemuda Kota Kupang sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi Kurikulum Merdeka Belajar, yang memungkinkan siswa mengeksplorasi minat dan bakat yang dimiliki.

Ketua Forum Pemuda Kota Kupang, Jefri Tapobali mengatakan, turnamen yang digelar akan melibatkan siswa mulai tingkat SD, SMP hingga profesional.

Menurut dia, tujuan digelar turnamen ini karena melihat potensi olahraga futsal di Nusa Tenggara Timur, khususnya Kota Kupang yang sangat luar biasa.

BACA JUGA:  Chelsea Datangkan Aubameyang, Anotny Merapat ke Manchester United

“Karena minat dan bakat siswa tidak hanya pada kemampuan akademik, tetapi juga di bidang olahraga khususnya futsal,” ujar Tapobali, Sabtu 20 April 2024.

Sehingga, kata dia, kompetisi futsal harus digelar secara berjenjang, sehingga bisa melihat potensi atau kemampuan yang dimiliki para siswa.

“Agar tercipta atlet lokal yang bisa berprestasi di level nasional hingga internasional, jika event seperti ini secara konsisten dilakukan setiap tahun,karena futsal ini semakin mendapat animo luar bisa,” jelasnya.

Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang juga diminta terlibat aktif, sehingga event seperti ini dapat menjadi agenda rutin.

BACA JUGA:  Keberangkatan Atlet PON Dikawal Ketat Satuan Brimob Polda NTT

“Sehingga setiap momentum Hari Pendidikan Nasional, kita gelar event-event bermanfaat, salah satunya pengembangan minat dan bakat melalui olahraga futsal,” ungkapnya.

Tapobali berharap event turnamen futsal yang digelar nanti bisa mendapat respon positif dari masyarakat, karena mereka ingin bantu mengembankan potensi yang dimiliki para siswa.

“Kami harap even ini mendapat respon luar biasa dari masyarakat, karena kita ingin bagaimana potensi yang dimiliki adik-adik kita dikembangkan, terlebih di olahraga futsal,” terangnya.

Dia menambahkan, panitia juga menyiapkan hadiah menarik untuk setiap tim yang berhasil mencapai prestasi dalam kompetisi tersebut.

Berikut detail hadiah yang disiapkan panitia:

BACA JUGA:  Sambut Dies Natalis ke-61, SMA Katolik Giovanni Kupang Gelar Turnamen Givans Cup II 2023

Kategori SD:

Juara 1 untuk SD: Rp3 juta, piala dan medali

Juara 2 untuk kategori SD: Rp2 juta, piala dan medali

Juara 3 untuk kategori SD: Rp1 juta dan Piala

Kategori SMP

Juara 1: Rp4 juta, piala dan medali

Juara 2: Rp2 juta, piala dan medali

Juara 3: Rp1 juta dan piala

Juara 4 :Rp500 ribu.

Top Score:

Untuk top score kategori SD dan SMP memiliki jumlah yang sama, yakni Rp500 ribu. Sedangkan pemain terbaik mendapat hadiah Rp500 ribu.

Perlu diketahui, kegiatan futsal ini mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang serta didukungDinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT.***

error: Content is protected !!