Sambut Dies Natalis ke-61, SMA Katolik Giovanni Kupang Gelar Turnamen Givans Cup II 2023

KUPANG, HN – SMA Katolik Giovanni Kupang menyambut dies natalis ke-61 dengan mengadakan turnamen futsal bertajuk Givans Cup II 2023.

Hari Ulang Tahun atau HUT ke 61 SMA Katolik Giovanni Kupang akan jatuh pada tanggal 8 September 2023 mendatang.

Turnamen yang melibatkan 32 tim dari SMP se Kota Kupang dan Kabupaten Kupang ini berlangsung sejak tanggal 23 hingga 31 Agustus 2023.

Ketua panitia Givans Cup II, Margaretha Gena mengatakan, turnamen yang digelar tidak hanya untuk memeriahkan perayaan HUT sekolah, tetapi juga sebagai ajang mencari potensi muda di bidang olahraga futsal.

“Jadi kami harap Givans Cup II ini, para pencari bakat di bidang sepak bola bisa menemukan calon terbaik yang akan direkrut menjadi atlet,” ujar Margaretha, Kamis 31 Agustus 2023.

Selain itu, kata dia, SMA Katolik Giovanni Kupang juga memiliki komitmen untuk menciptakan manusia NTT yang unggul di berbagai bidang, termasuk olahraga.

Turnamen ini juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi generasi muda, serta mempererat persaudaraan di kalangan guru dan siswa SMA Katolik Giovanni Kupang.

Selain itu untuk mensyukuri anugerah Tuhan, karena di usia ke 61 tahun, SMA Katolik Giovanni Kupang tetap berdiri kokoh dengan segudang prestasi.

BACA JUGA:  ETMC XXXII Rote Ndao Akan Disiarkan di YouTube Milenial Spirit Chanel

Dia menjelaskan, turnamen futsal Givans Cup II berhasil terlaksana berkat dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak.

Menurutnya, sumber dana berasal dari yayasan Swastisari Keuskupan Agung Kupang dan sejumlah sponsor seperti Bank NTT, Bank Christa Jaya dan Bank Mandiri.

Ada juga sponsor lain dari PT Sinar Duta Teknik, Penerbit Tiga Serangkai, Penerbit Erlangga, Nutrifood, Dealer Honda Mutiara Timor Star, Grab, serta partisipasi alumni, orang tua siswa, dan swadaya panitia.

Sedangkan hadiah untuk turnamen ini mencakup uang tunai dan piala untuk juara 1 hingga 4, serta penghargaan khusus untuk top skor dan pemain terbaik atau best player.

“Hadiah dari turnamen Givans Cup II ini adalah juara 1 mendapat uang Rp5 juta, juara 2 Rp4 juta, juara 3 Rp3 juta, dan juara 4 Rp1,5 juta. Untuk top skor dan pemain terbaik mendapat Rp500 ribu rupiah,” pungkasnya.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Nusa Tenggara Timur, Jimmi Sianto mengatakan, dengan adanya turnamen Givans Cup II dia melihat satu harapan besar perkembangan futsal di NTT.

BACA JUGA:  Ganjar Milenial Sumba Timur Sukses Gelar Turnamen Futsal Bersama Anak Muda

Menurut Jimmi, para pemain yang berlaga di turnamen Givans Cup II merupakan calon pemain yang berpeluang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2028 nanti.

“Karena PON 2028 itu kita tuan rumah jadi tidak ikut Pra PON lagi. Jadi ade – ade ini satu diantaranya pasti mengikuti PON nanti,” jelasnya.

Jimmi kemudian berpesan kepada para pemain untuk tidak cepat puas dan menyerah dengan setiap hasil pertandingan yang diperoleh.

“Kalau menang jangan cepat puas, dan kalau kalah jangan menyerah. Harus berlatih lebih keras lagi,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi para guru dalam membina para pemain, karena itu merupakan bagian untuk mendukung AFP NTT mencari dan menyiapkan atlet NTT untuk berlaga di PON nanti.

“Saya mengapresiasi guru yang sudah memberikan perhatian kepada mereka. Terima kasih untuk Giovanni Kupang yang sudah tahun kedua melaksanakan turnamen futsal ini. Kita harap tahun depan ada lagi antar SMA, bila perlu ada putra putri,” pungkasnya.

Guru SMP Negeri 10, Amelia Yenita Sola yang hadir mewakili Kepala Sekolah mengaku tidak menyangka kalau SMP Negeri 10 Kupang keluar sebagai juara 1 dalam turnamen Givans Cup II 2023.

BACA JUGA:  FIFA Resmi Tunjuk Argentina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

“Terus terang kami tidak menyangka bahwa SMP Negeri 10 akan mendapat juara 1. Semoga piala ini bisa kami pertahankan di tahun depan,” jelas Amelia.

Dia mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang sudah berjuang dan keluar sebagai juara dalam turnamen Givans Cup II itu.

“Kita lihat sendiri bagaimana perjuangan mereka. Pulang nanti kami akan pawai dengan membawa piala ini untuk disimpan di sekolah,” ungkapnya.

Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, Romo Stevanus Mau mengaku bersyukur karena turnamen futsal Givans Cup II yang diselenggarakan dapat berjalan dengan baik.

Dia berharap melalui turnamen itu bisa memperoleh bibit dan atlet baru, sehingga generasi milenial bisa mencintai dunia sepak bola, khususnya futsal.

“Kegiatan ini penting untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa, karena ini bagian dari kurikulum merdeka, agar kita bisa dapatkan siswa yang berbakat dan kreatif,” ungkapnya.

Berakhirnya Givans Cup II 2023, SMA Katolik Giovanni Kupang mengucapkan terima kasih kepada Yayasan danĀ  semua pihak yang berkontribusi dalam suksesnya turnamen itu.***

error: Content is protected !!